Jalan Lintas Jereweh-Maluk , Kel. Belo, Kec. Jereweh, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat 84456 | - | sman1jereweh@gmail.com

RISMANTURE (Kerohanian Islam SMAN 1 Jereweh) Wadah Pengembangan IMTAQ

Rabu, 11 Desember 2019 11:03


Rohis SMAN 1 Jereweh

RISMANTURE atau kepanjangan dari Kerohanian Islam SMAN 1 Jereweh, merupakan salah satu organisasi yang ada di SMAN 1 Jereweh. Organisasi ini adalah organisasi berbasis islam satu-satunya yang ada di SMAN 1 Jereweh. Di RISMANTURE kita dapat belajar banyak hal yang mungkin tidak didapat di organisasi yang lain. Disini kita juga dapat menyalurkan hobi dan bakat bagi para pengurus dan anggotanya. Yang paling keren, RISMANTURE ini menjadi wadah bagi pelajar muslim yang ingin memperdalam ilmu agama Islam dan menjadi organisasi yang mempelopor dakwah sekolah, terutama di SMAN 1 Jereweh tercinta ini.

Rohis berasal dari kata "Rohani" dan "Islam", yang berarti sebuah lembaga untuk memperkuat keislaman. Rohis biasanya dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler (ekskul). Padahal fungsi Rohis yang sebenarnya adalah forum, mentoring, dakwah, dan berbagi. Susunan dalam rohis layaknya OSIS, di dalamnya terdapat ketua, wakil, bendahara, sekretaris, dan divisi-divisi yang bertugas pada bagiannya masing-masing Rohis umumnya memiliki kegiatan yang terpisah antara anggota pria dan wanita hal ini dikarenakan perbedaan muhrim di antara anggota. kebersamaan dapat juga terjalin antar anggota dengan rapat kegiatan serta kegiatan-kegiatan di luar ruangan. utama rohis mendidik siswa menjadi lebih islami dan mnegenal dengan baik dunia keislaman, dalam pelaksanaannya anggota rohis memiliki kelebihan dalam penyampaian dakwah dan cara mengenal Allah lebih dekat melalui alam dengan tadzabur alam, hal itu karena dalam kegiatannya rohis juga mengajarkan hal tersebut. Rohis selalu mendekatkan anggotanya kepada Allah SWT, dan menjauhkan anggotanya dari terorisme, kesesatan, dsb.

Rohis manfaatnya sangat luar biasa, ketika banyak masalah kita bisa berbagi ke sahabat kita lewat Qodoya (salah satu acara dalam mentoring) dan mendapatkan banyak solusi dari sahabat kita yang seiman. ana mersakan itu. ana pun banyak teman di rohis ini. dan berbagai macam rupa orang kita bertatap muka. tapi belkangan ini anggota rohis semakin sedikit (berkurang peminatnya). tapi perjuangan harus tetap kita teruskan yakinlah Allah bersama kita. saya jadi ingat janji Allah dalam Al-Qur'an "Barang siapa menolong agama Allah, niscaya Allah akan menolong kita". tetap semangat dan terus berjuangan kebenaran harus kita tegakan.

Dasar Pemikiran RISMANTURE

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma`ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung” (Ali-‘Imraan 04)

Rohis SMAN 1 Jereweh (selanjutnya disebut Rohis) adalah sebuah dunia tersendiri. Sebagai suatu identitas tersendiri, terjemahan populer dari istilah “Rohis” sendiri tidak cukup untuk mendefinisikan kelengkapan Rohis. Seseorang memerlukan definisi yang melibatkan unsur-unsur spesialnya untuk menjelaskan Rohis secara hakiki. Yang tidak kita harapkan hanyalah sebuah paradoks yang sangat menyakitkan.

Bertahun-tahun sejak didirikan, secara menggembirakan Rohis mampu bertahan dengan status eksklusifitasnya : bahwa dalam perjalanannya yang masih muda, Rohis masih mampu menjadi akar, batang, dahan, ranting, daun dan buah bagi dirinya sendiri. Rohis mampu bertahan untuk tidak disubordinatkan dibawah suatu Hierarki antah-berantah di luar sana dan mengoperasikan agenda kerjanya dibawah suatu motif yang diinstruksikan. Sungguh suatu syukur yang besar ke haribaan Allah bahwa Rohis masih selugu sejak terakhir kali kita melihatnya, dan siap untuk dihitamkan sehitam-hitamnya atau putih secemerlang-cemerlangnya. Hitam atau Putih?

Adalah sebuah kenyataan sederhana bahwa sejak dibentuknya, Rohis cukup mempuyai peran untuk membina Keimanan dan Akhlak yang baik. Jika dilihat kerohanian Islam cukup mendukung prestasi siswa, karena disiplin dan cinta ilmu pengetahuan adalah gambaran siswa-siswi yang beriman. Dengan demikian, kami keluarga besar ROHIS SMAN 1 Jereweh Mengajak semua pihak untuk mendukung segala program-program Rohis yang sifatnya sangat membangun sebagai solusi untuk membersihkan label-label buruk yang di alamatkan kepada remaja (Usia Sekolah).

 

 
SMAN 1 Jereweh | Artikel

Artikel Terkait

Tambah Komentar

Komentar

Komentar tidak ditemukan