Jalan Lintas Jereweh-Maluk , Kel. Belo, Kec. Jereweh, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat 84456 | - | sman1jereweh@gmail.com

PERSIAPAN SEBELUM VAKSIN COVID-19

Selasa, 30 Maret 2021 10:26


PERSIAPAN SEBELUM VAKSIN COVID-19

Pendidik dan tenaga kepandidikan smanture dijadwalkan akan mendapatkan vaksinasi covid-19 pada 31 Maret 2021. Agar tubuh tetap fit pascavaksinasi maka perlu dilakukan persiapan. Dilansir dari laman halodoc.com terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum vaksin covid-19 antara lain sebagai berikut.

  • Mengobati Alergi. Beberapa reaksi alergi mungkin sudah dilaporkan terjadi pada penerima vaksin. Jadi, jika memiliki alergi terhadap obat, atau mungkin komposisi dari vaksin, maka sebaiknya mulai minum obat alergi seperti obat antihistamin, dan jangan menghentikannya sebelum vaksinasi. Meski obat anti alergi tidak sepenuhnya efektif, tetapi ia diyakini bisa menguranginya. Namun, jika memiliki riwayat reaksi alergi yang parah terhadap vaksin dosis pertama, sebaiknya diskusikan dengan dokter mengenai hal ini. 
  • Hindari Alkohol. Dalam beberapa keadaan, alkohol dapat mempercepat reaksi alergi. Konsumsi alkohol juga disebut bisa mengurangi kemampuan kerja vaksin dalam beberapa minggu pertama setelah penyuntikan. Ini karena alkohol bisa mengganggu kerja imun, sehingga tubuh akan kesulitan melawan infeksi virus yang masuk ke tubuh. 
  • Tidak Berolahraga Berat. Pastikan untuk menghindari olahraga berat 2 jam sebelum dan sesudah vaksinasi. Hindari juga mandi air panas 2 jam sebelum dan sesudahnya, karena olahraga dan mandi air yang kuat dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang.
  • Memaksimalkan Sistem Imun. Memiliki sistem kekebalan yang paling optimal juga merupakan salah satu persiapan sebelum vaksin COVID-19. Kamu bisa mengkonsumsi campuran vitamin dan mineral yang tepat untuk membantu memperkuatnya. Meski sejauh ini belum ada data ilmiah yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin, mineral, atau probiotik sebelum vaksinasi akan mencegah reaksi alergi, tidak ada salahnya untuk melakukan hal-hal yang disarankan dokter untuk membantu meningkatkan imun. 
  • Tidur Cukup. Sebelum mendapatkan vaksin, diperlukan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. Setelah vaksin, juga perlu istirahat karena sangat mungkin reaksi seperti nyeri tubuh, menggigil, dan demam ringan terjadi. Jadi dengan beristirahat, bisa memaksimalkan tubuh untuk melawan efek samping ini.
  • Kelola Stres. Faktanya, stres sangat berpengaruh pada kerja imun. Selain itu, stres berkepanjangan bisa meningkatkan produksi kortisol dan stres oksidatif pada tubuh, sekaligus menurunkan tingkat limfosit (sel darah putih) yang berfungsi mencegah infeksi.
 
SMA Negeri 1 Jereweh | Artikel

Artikel Terkait

SMANTURE SIAP PPBD: TERAPKAN PROTAP COVID-19

SMANTURE SIAP PPBD: TERAPKAN PROTAP COVID-19

Smanture siap melaksanakan PPDB 2020/2021 dengan tetap memerhatikan protokol tetap (protap) pencegahan Covid-19. Sabtu lalu (6/6), dilaksanakan serah-terima fasilitas penunjang…

Tambah Komentar

Komentar

Komentar tidak ditemukan